News Update :

SEBERAPA PENTING MANAGEMENT KEUANGAN?

Monday, December 14, 2015

By Tatang Sunarta



B. Management Keuangan / Money Management.

Biasanya orang menghargai sesuatu setelah dia tahu seberapa pentingnya sesuatu tersebut. Seberapa pentingkah management keuangan ini? Dalam dunia trading management keuangan menjadi bagian penting karena dia menjadi anak tangga untuk melangkah maju mencapai tujuan. Biasanya dibagian inilah letaknya rahasia dapur seorang trader. Tapi tidak ada yang rahasia didapur saya (krn memang saya gak punya dapur. He). Disinilah dihitung segala bentuk resiko dan keuntungan. Sebenarnya bagian ini harus sedikit panjang karena banyk yang harus dijabarkan, tapi sy coba semampu saya ya.

Bagaimana Management keuangan saya secara global? Saya ingin menulis semuanya dgn sangat jujur tanpa ada maksud sedikitpun untuk ‘menepuk dada’. Semoga tdk disalah artikan dan bisa diambil sisi baiknya ya. Inilah kondisi “dapur” saya secara keseluruhan.

Setidaknya klo dunia trading secara keseluruhan ini besok tutup maka dengan hitungan matematika ekonomi hari ini butuh 13 tahun kedepan untuk saya dan keluarga benar2 tidak punya apa2. Bukan karena jumlah uang yang saya miliki tapi karena begitulah management keuangan keluarga saya dihitung secara matematis. Bagi saya semuanya harus terukur. Jadi klo saya hari ini trading bukan untuk saya makan dibulan depan tapi untuk jadwal kas keuangan oprasional saya ditahun depan dan tugas kami mencari uang adalah memperlebar jarak antara tahun ini dengan 13tahun yang saya sebut diatas. Berharap itu terus menjauh dan menjauh krn itu menjadi salah satu indicator bahwa kondisi keuangan saya sehat. “Klo begitu pantes aja bapak hidupnya santai?” siapa bilang? Ga ada hubungannya hidup santai dengan kondisi keuangan saya karena saya dan istri tetap punya target2 pencapaian yang sudah dibuat oleh financial planner kami. Kami tetap punya target bulanan, target 3 bulanan, 6 bulanan, 9 bulanan, dan tahunan. Semuanya dihitung rinci dan detil. Klo masalah “santai” itu Cuma cara kami menikmati hari aja. Tapi dalam arti sesungguhnya kami itu tdk benar2 santai dan tetap bekerja. See, betapa pentingnya uang itu di manage...

Jadi klo anda sudah 3 tahun bahkan lebih berada di bisnis forex tapi tidak punya perencanaan dalam transaksi / management keuangan maka sesungguhnya anda bukan sedang berbisnis tapi sedang bertaruh. (makna bertaruh dengan judi berbeda ya). Banyak faktor yg mendorong saya untuk akhirnya memutuskan untuk ‘ngobral’ personal saya dan berbagi. Karena sungguh saya sedih melihat realita. Hancur berantakan di forex, bercerai karena forex, anak ga bisa berobat karena forex, bertengkar dengan orang tua karena forex, mau dibunuh orang karena forex, rumah disita karena forex dll... Dst... (suatu saat akan sy ceritakan cerita detilnya yang sy alami didepan mata kepala saya sendiri untuk pelajaran kita semua. tlg diingatkan setelah materi disiplin).

Hey kamu, lelaki2 ganteng dan wanita2 cantik disana. ‪#‎IyaKamu‬. he. Hello... Ayo bangun.... klo memang anda tersesat dlm dunia forex pastikan bahwa anda tersesat dijalan yang benar. Rubahlah SUDUT PANDAN (mindset) anda bahwa ini dunia bisnis, menjalankannya menggunakan MANAGEMENT dan menerapkannya menggunakan DISIPLIN. Tinggalkan cara2 lama. Karena sesungguhnya bermain dengan forex sama dengan anda bermain dengan api. Dan menjalankannya tanpa management sama dengan anda sedang menggali kuburan anda sendiri.

‪#‎Arrrghhh‬.. Tuh kan, belum juga masuk ke bagaimana management keuangan yang aplikatif dalam forex dan bagaimana saya menerapkannya pada diri saya aja sudah panjang begini tulisannya. Hiks. Kita lanjut nanti malam ya... ga saya tulis sekalian agar lebih sistematis dan bisa dipahami sedikit demi sedikit. Minta maaf atas segala kekurangan saya. Next kita lanjut masih point management keuangan tapi yang lebih aplikatif biar ga gamang ya... ‪#‎SalamSefurDulu‬.. hehe

Kalau begitu, seberapa penting management keuangan?
Share this Article on :

1 comments:

Firma said...

Saya pikir money management yang baik itu jelas sangat penting dan dibutuhkan jika kita ingin bisa memperoleh hasil trading yang baik secara konsisten. Soalnya saya rasakan sendiri yang namanya loss tidak akan bisa kita hindari secara sempurna, sehingga untuk bisa tetap memperoleh profit dibutuhkan money management yang baik seperti yang juga telah saya buktikan sendiri pada saat menjalani kegiatan trading saya dengan baik di Gainscopefx.com.

Post a Comment

FBS Bisa Daftar Klik Banner ini
 
© Copyright 2014 Blog Instaforex Indonesia